Thursday, November 21, 2019

sanad Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab al-Hanbali

Thursday, November 21, 2019

Hanabilah Awal di Najd (1)
---------------------------------------

Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab yang bermazhab Hanbali menjadi perhatian dunia. Banyak orang menyangka bahwa Hanabilah disana bermula dari beliau, padahal kenyataannya hal ini kembali kepada suatu masa yang lebih lama. Hanabilah Najd memiliki hubungan sangat erat dengan Hanabilah Syam dan Mesir. Dahulu para pelajar dari Najd datang belajar ke Syam dan Mesir sampai mencapai derajat tinggi dalam berbagai macam ilmu dan mendapat ijazah-ijazah keilmuwan. Yang menarik, ternyata banyak diantara mereka yang berguru kepada ulama-ulama bermazhab Hanbali sehingga ketika kembali ke Najd, mereka pun menyebarkan mazhab ini sampai akhirnya penduduknya pun mayoritas bermazhab Hanbali. 

Diantara yang awal tercatat dari orang-orang Najd yang belajar kepada ulama Syam dan Mesir yaitu: 

1. Syaikh Ahmad bin Yahya bin 'Athwah al-Hanbali
Beliau Ahmad bin Yahya bin 'Athwah bin Ziyad at-Tamimi an-Najdi al-Hanbali (w. 948 H), lahir di Uyainah, Najd. Tumbuh disana dan belajar kepada ulamanya. Kemudian beliau rihlah ke Damaskus Syam dan belajar kepada Syaikh Syihabuddin Ahmad bin Abdullah al-Usykuri, Syaikh Yusuf bin Abdul Hadi penulis Jami' al-Jawami, dan Syaikh al-Ala'i Ali bin Sulaiman al-Mardawi penulis al-Inshaf. Ke semua syaikhnya itu memberinya ijazah ilmiyah dan memujinya. 

Beliau kembali ke negerinya Najd, dan disana menjadi rujukan dalam Mazhab Ahmad. Datang kepadanya sejumlah besar orang-orang Najd untuk belajar fiqh. Diantaranya adalah : Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Musyarraf dan Syaikh Muhammad bin Abdul Qadir al-Musyrifi. 

(Bersambung ...)

-------------------------------------------
Photo : Silsilah sanad dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab al-Hanbali sampai kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah al-Hanbali. 

#NajdHanbali

Rikrik Aulia Rahman

0 comments:

 
Catatan Damar. Design by Pocket - Fixed by Blogger templates