Saturday, December 9, 2017

SOAL JAWAB “SURAT IBNUL QAYYIM”

Saturday, December 9, 2017

1. SOAL: Apa yang dimaksud dengan barakah (keberkahan) seseorang? Sebutkan dengan lengkap!

JAWAB: Yang dimaksud dengan barakah (keberkahan) seseorang adalah: dia mengajarkan kebaikan dimanapun dia berada dan memberikan nasihat kepada setiap orang yang berkumpul dengannya.

Yakni: mengajarkan kebaikan, berdakwah mengajak kepada Allah, mengingatkan tentang-Nya dan mendorong untuk taat kepada-Nya.

2. SOAL:  Apa mudharat (kejelekan) jika berkumpul dengan orang yang tidak diberkahi?

JAWAB: Menyia-nyiakan waktu untuk membicarakan peristiwa-peristiwa yang terjadi dan merusak hati.

3. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya- yang berkaitan dengan hal di atas (soal no. 2)!

JAWAB: Firman Allah:

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

"Dan bersabarlah engkau (wahai Rasul) bersama orang yang berdo'a kepada Rabb mereka pada pagi dan petang hari dengan mengharapkan wajah-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia, dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan perkaranya sia-sia." (QS. Al-Kahfi: 28)

4. SOAL: "orang-orang yang telah Allah beri nikmat kepada mereka" adalah yang terkumpul pada mereka 2 (dua) hal; sebutkan!

JAWAB: Adapun "orang-orang yang diberi nikmat"; maka mereka-lah yang Allah berikan karunia untuk mengenal kebenaran secara ilmu dan tunduk kepada kebenaran serta lebih mendahulukannya atas yang lainnya secara amal.

5. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya-  tentang hamba-hamba Allah yang beriman yang mereka meminta kepada-Nya agar dijadikan imam-imam yang memberi petunjuk!

JAWAB: Firman Allah:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Dan orang-orang yang berkata: "Wahai rabb kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Furqan: 74)

6. SOAL: Apa maksud penafsiran dari Mujahid -terhadap ayat di atas (soal no. 5)-: "Jadikanlah kami pengikut orang-orang yang bertakwa; yang meneladani mereka."?

JAWAB: Seseorang tidak akan menjadi imam bagi orang-orang yang bertakwa kecuali jika dia menjadi pengikut orang-orang yang bertakwa (sebelumnya).

7. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya- tentang cara meraih kepemimpinan -dalam agama-! 

JAWAB: Firman Allah:

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ

"Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami selama mereka sabar dan mereka meyakini ayat-ayat Kami." (QS. As-Sajdah: 24)

8. SOAL: Sebutkan 4 (empat) prinsip yang terkandung di dalam ayat di atas (soal no. 7) dan bagian-bagian mana dari ayat tersebut yang menunjukkan kepada masing-masing prinsip!

JAWAB: Pertama: Sabar

 لَمَّا صَبَرُوا

Kedua: Yakin

 وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ

Ketiga: Memberikan petunjuk kepada makhluk dan berdakwah (mengajak) mereka kepada Allah dan Rasul-Nya

 يَهْدُونَ

Keempat: mereka mengikuti apa yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, dan mereka hanya menunjukki dengan hal itu

 بِأَمْرِنَا

 

9. SOAL: Jelaskan makna prinsip kedua dari empat prinsip di atas!

JAWAB: Yakin; yaitu: keimanan yang pasti dan tetap, yang tidak ada keraguan didalamnya, tidak ada kebimbangan, tidak adak syakk dan tidak ada syubhat; dalam lima prinsip (Aqidah).

10. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya- tentang keutamaan berdakwah (QS. Fushshilat: 33)!

JAWAB: Firman Allah:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (mengajak) kepada Allah dan beramal shalih dan berkata: Sungguh aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)." (QS. Fushshilat: 33)

11. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya- tentang jalan Rasul dan para pengikutnya (QS. Yusuf: 108)!

JAWAB: Firman Allah:

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي

"Katakanlah (wahai Rasul): Inilah jalanku, aku berdakwah (mengajak) kepada Allah di atas bashiirah (ilmu yakin); aku dan orang-orang yang mengikutiku..." (QS. Yusuf: 108)

12. SOAL: Sebutkan 2 (dua) ciri dari pengikut Rasul yang  bisa diambil dari ayat di atas (soal no. 11)!

JAWAB: - Berdakwah (mengajak) kepada Allah.

- Para pengikut beliau adalah orang-orang yang memiliki "bashiirah".

13. SOAL: Sebutkan 6 (enam) perkara yang dibutuhkan manusia -bahkan semua yang bernyawa-!

JAWAB: Pertama: Mengenal  sesuatu yang bermanfaat bagi hamba dan sesuai dengannya, yang dengan mencapainya; dia akan mendapatkan kelezatan, kegembiran, kesenangan dan kehidupan yang baik.

Kedua: Mengenal jalan menuju hal tersebut.

Ketiga: Menempuh jalan tersebut.

Keempat: Mengenal hal yang membahayakan dan mengganggu, yang membuat hidupnya susah.

Kelima: Mengenal jalan yang kalau dia tempuh; maka akan menyampaikan kepada hal tersebut.

Keenam: Menjauhi (hal tersebut dan tidak) menempuhnya.

14. SOAL: Seorang hamba bisa meninggalkan syahwat dan keinginannya dengan salah satu dari dua perkara; sebutkan 2 (dua) perkara tersebut dan jelaskan!

JAWAB: (1)kecintaan yang luar biasa, atau (2)ketakutan yang sangat.

Sehingga:

(1) Allah, Rasul-Nya, Negeri Akhirat, dan Surga serta kenikmatannya; lebih  dia cintai dari syahwat-syahwat ini. Dan dia mengetahui bahwa tidak mungkin menggabungkan antara keduanya, sehingga dia lebih mendahulukan kecintaan yang paling tinggi dibandingkan kecintaan yang rendah.

Atau:

(2) dia mengetahui bahwa: dengan mendahulukan syahwat-syahwat ini; maka akan mendatangkan hal-hal yang menakutkan dan kepedihan yang lebih sakit -dan lebih kekal- dari kepedihan kehilangan syahwat-syahwat ini.

15. SOAL: Sebutkan hadits -dan terjemahannya- yang menunjukkan bahwa ada dua perkara dunia yang Nabi  dibuat cinta kepadanya!

JAWAB: Nabi -shallallaahu 'alaihi wa sallam- bersabda:

((حُــبِّبَ إِلَـيَّ مِـنْ دُنْــيَـاكُمْ: اَلــنِّـــسَاءُ وَالــطِّــــيْــبُ، وَجُــعِــلَـتْ قُــرَّةُ عَــيْــنِـيْ فِـي الصَّلَاةِ))

"Ada dua perkara dunia yang aku dibuat cinta kepadanya: wanita (istri) dan minyak wangi, dan kesenangan hatiku terdapat dalam shalat."

16. SOAL: Jelaskan makna Qurratul 'Ain (kesenangan hati)  dalam hadits di atas (soal no. 15)!

JAWAB: "Qurratul 'Ain" (kesenangan hati yang disebutkan dalam hadits-pent) lebih dari sekedar kecintaan, karena tidak setiap yang dicintai dinamakan "Qurratul 'Ain" (kesenangan hati), "Qurratul 'Ain" hanya terwujud pada kecintaan tertinggi yang dicintai karena dzatnya (bukan karena sebab yang lain-pent). Dan yang berhak dicintai dengan kecintaan semacam ini hanyalah Allah yang tidak ada yang berhak diibadahi selain Dia,

17. SOAL: Sebutkan 6 (enam) kehadiran yang harus terdapat dalam setiap ibadah -terutama Shalat-!

JAWAB: Kehadiran Pertama: Ikhlas

Kehadiran Kedua: Hadirnya Kejujuran dan Ketulusan

Kehadiran Ketiga: Kehadiran Mutaaba'ah (Mengikuti) dan Mencontoh (Nabi -shallallaahu 'alaihi wa sallam-)

Kehadiran Keempat: Hadirnya Ihsan

Kehadiran Kelima: Menghadirkan Karunia Allah Atasnya

Kehadiran Keenam: Senantiasa Merasa Kurang (Dalam Amalannya)

18. SOAL: Sebutkan ayat -dan terjemahannya-  tentang orang yang merasa berjasa kepada Rasul !

JAWAB: Allah -Ta'aalaa- berfirman:

يَمُنُّونَ عَلَيْكَ أَنْ أَسْلَمُوا قُلْ لَا تَمُنُّوا عَلَيَّ إِسْلَامَكُمْ بَلِ اللَّهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ أَنْ هَدَاكُمْ لِلْإِيمَانِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

"Mereka merasa berjasa kepadamu dengan keislaman mereka. Katakanlah: Janganlah kamu merasa berjasa kepadaku dengan keislamanmu, sebenarnya Allah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan menunjukkan kamu kepada keimanan, jika kamu orang yang benar." (QS. Al-Hujurat: 17)

19. SOAL: Sebutkan seruan Allah pada Hari Kiamat!

JAWAB: Seruan-Nya pada Hari Kiamat:

مَاذَا أَجَبْتُمُ الْمُرْسَلِينَ

"…Apakah jawabanmu terhadap para Rasul?" (QS. Al-Qashash: 65)

20. SOAL: Apa yang harus kita lakukan agar bisa menjawab seruan tersebut dengan benar?

JAWAB: Seorang hamba berusaha keras untuk Ittibaa' (mencontoh) Nabi -shallallaahu 'alaihi wa sallam-.

21. SOAL: Sebutkan 2 (dua) faedah yang terdapat pada kehadiran kelima!

JAWAB: * Menghalangi hati dari sifat ujub (bangga) dan melihat (besar) amalannya.

* Senantiasa menyandarkan pujian kepada pemiliknya dan yang berhak mendapatkannya (yaitu: Allah-pent), sehingga dia tidak merasa dirinya pantas untuk dipuji.

22. SOAL: Sebutkan hadits -dan terjemahannya- yang menunjukkan bahwa: Masuk Surga adalah dengan rahmat dan karunia dari Allah; bukan merupakan hak hamba yang harus Allah berikan!

JAWAB: Sabda Nabi -shallallaahu 'alaihi wa sallam-:

((لَنْ يَدْخُلَ أَحَدٌ مِنْكُمُ الْـجَنَّةَ بِعَمَلِهِ)) قَــالُــوْا: وَلَا أَنْــتَ يَــا رَسُــوْلَ اللهِ؟ قَــالَ: ((وَلَا أَنَا، إِلَّا أَنْ يَــتَـغَمَّدَنِـيَ اللهُ بِـرَحْـمَةٍ مِنْهُ وَفَضْلٍ))

"Tidak ada seorang pun diantara kalian yang masuk Surga sebagai ganti atas amalannya." Para shahabat bertanya: Anda juga tidak wahai Rasulullah? Beliau bersabda: "Tidak juga saya, kecuali jika Allah meliputiku dengan rahmat dan karunia dari-Nya."

23. SOAL: Sebutkan 4 (empat) perkara yang harus dijadikan oleh seorang hamba sebagai pondasi bagi ilmu-ilmunya, amalan-amalannya, perkataan-perkataannya dan keadaan-keadaannya.

JAWAB: (1)niat yang benar dan (2)kekuatan yang besar, keduanya disertai dengan: (3)harapan dan (4)rasa takut.

ust Ahmad Hendrix

0 comments:

 
Catatan Damar. Design by Pocket - Fixed by Blogger templates