Thursday, February 18, 2016

Jangan Taklid

Thursday, February 18, 2016
"Siapa saja di antara kalian yang hidup setelahku, maka kalian akan melihat banyak sekali perpecahan, aku berpesan kepada kalian agar kalian senantiasa berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah dari khulafaur rasyidin (sunnah para sahabat beliau) yang mendapatkan petunjuk. Dan gigitlah sunnah tersebut dengan gigi geraham kalian". (HR. Abu Dawud, Ahmad, Hakim, Ibnu Hibban)
Imam syafi'i rahimahullah pernah berkata : "Bila kalian mendapati ucapanku (fatwaku) bertentangan dengan sunnah nabi (hadist nabi), maka ambilah sunnah tersebut lalu buanglah ucapanku tersebut ke tembok, karena mahzabku adalah semua sunnah nabi (hadist nabi)". (Ar Risalah Salafus Soleh).
Imam Malik rahimahullah pernah berkata : "Setiap orang ucapannya bisa diterima atau ditolak, kecuali ucapan yang keluar dari lisan seseorang yang dikubur disini (beliau menunjuk ke arah kuburan nabi)". (Al Hikmah Mujahid)
Sunnah siapa yang harus kita ikuti ?? ya tentu hanya sunnah nabi ...
Dan islam sangat mencela orang-orang yang taqlid buta kepada kyai anu, ustad anu, habib anu, ulama anu, syeikh anu ...
Orang islam hanya boleh fanatik kepada 3 hal saja :
1) Fanatik kepada firman Allah
2) Fanatik kepada hadist Rasulullah
3) Fanatik kepada ijma (kesepakatan) para sahabat Rasulullah
bahkan salah satu imam mahzab saja yaitu imam syafi'i, beliau melarang para murid-muridnya untuk mengekor secara membabi buta kepada beliau, jika ada fatwa atau ucapan beliau yang ternyata tidak sesuai dengan hadist nabi dan pemahaman para sahabat nabi ... karena imam syafi'i juga manusia biasa, beliau tidak ada jaminan masuk surga, beliau juga tidak maksum dan pasti punya kesalahan ..
Sedangkan nabi sudah jelas maksum, dan dijamin masuk surga ..
Sedangkan sahabat nabi juga sudah dijamin masuk surga ...
Maka dalam praktek beragama, hendaknya seorang muslim menjadikan ucapan nabi dan fatwa dari sahabat nabi sebagai kiblat dalam beragama, supaya tidak tersesat ...
Apakah wali songo itu sudah dijamin masuk surga? apakah mereka maksum? jadi sangat aneh sekali, kalo ada orang islam yang taqlid buta kepada wali songo ...
Apakah imam syafi'i sudah dijamin masuk surga? apakah beliau maksum dari dosa?? jadi sangat aneh sekali, kalo ada orang islam yang fanatik buta kepada mahzab syafi'i, sehingga cara beragamanya berkiblat kepada perkataan imam syafi'i ..
Allahu Akbar


sumber: lupa, kayaknya dari grup WA

0 comments:

 
Catatan Damar. Design by Pocket - Fixed by Blogger templates