Thursday, March 10, 2016

★ Cara Menggunakan Kamus Arab Indonesia (Al Munawwir)

Thursday, March 10, 2016


★5★ Cara Menggunakan Kamus Arab Indonesia (Al Munawwir)💞

Perlu diketahui bahwa mayoritas kata kerja dasar dalam bahasa Arab tersusun dari 3 huruf. Sehingga ketika kita mendapati kata dengan huruf penyusunnya lebih dari 3 buah maka kemungkinan besar kata tersebut sudah mendapatkan huruf imbuhan (tambahan). Untuk dapat menemukan arti kata dimaksud di dalam kamus maka harus diketahui terlebih dahulu huruf-huruf aslinya dengan cara memisahkan huruf-huruf tambahannya. Kata-kata yang akan dicarikan maknanya di dalam kamus terdiri dari beberapa keadaan:
📌Dengan jumlah huruf kurang dari 3. Ini bisa langsung dicari maknanya pada bab huruf pertamanya, seperti kata مَنْ dapat dicari pada bab huruf م.
📌Dengan jumlah huruf 3 buah dan huruf pertamanya bukan salah satu dari huruf أ, ن,ي, dan ت. Ini bisa langsung dicari maknanya pada bab huruf pertamanya, seperti kata بَعُدَ dapat dicari pada bab huruf ب.
📌Dengan jumlah huruf 3 buah dan huruf pertamanya salah satu dari huruf-hurufأ,ن,ي, dan ت. Ada kemungkinan bisa langsung ditemukan pada bab huruf pertamanya seperti kata أَكَلَ، نَبَغَ ، يُسْرٌ، تَبِعَ , dan sebagainya. Jika kata yang dimaksud tidak ditemukan pada kelompok bab huruf pertamanya itu maka kemungkinan bisa ditemukan pada bab huruf و (wawu), dengan cara kita ganti huruf pertamanya dengan hurufو Contoh:
✏Kata يَضَعُ dapat ditemukan setelah huruf pertamanya diganti dengan wawu menjadiوضع . Di dalam kamus bab huruf wawu tertulis (وَضَعَ-يَضَعُ-وَضْعًا) yang artinya meletakkan.
✏Kataيَجِدُ dapat ditemukan setelah huruf pertamanya diganti dengan wawu menjadiوجد . Di dalam kamus bab huruf wawu tertulis (وَجَدَ-يَجِدُ-وَجْدًا-وُجْدًا-وُجُوْدًا) , artinya mendapat.
✏Dengan jumlah huruf lebih dari 3 buah. Kata-kata seperti ini baru dapat dicari maknanya di dalam kamus setelah terlebih dahulu ditentukan kata dasarnya dengan cara memisahkan huruf-huruf tambahan dari huruf-huruf aslinya. Contoh:
✏Kata مُسْتَقْبَلٌ dapat dicari pada kelompok kata قـبـل pada bab huruf ق, bukan pada bab huruf م.
✏Kata يَرْجِعُ dapat dicari pada kelompok kata رجـعpada bab huruf ر, bukan pada bab huruf ي.
✏Kata اِسْتِرْجَاعٌ dapat dicari pada kelompok kataرجـع pada bab huruf ر, bukan pada bab huruf.

Jumlah huruf-huruf اtambahan itu ada 10 terkumpul dalam perkataanسَأَلْتُمُوْنِيْهَاْ yaitu huruf-huruf س, أ,ل,ت,م,
و, ن,ي ,هـ, dan ا

grup wa bisa

0 comments:

 
Catatan Damar. Design by Pocket - Fixed by Blogger templates